Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri-ciri Murai Batu (MB) bermental petarung

Murai Batu (MB) adalah salah satu jenis burung kicauan yang paling populer di Indonesia. Murai Batu adalah tipe burung fighter (petarung), jadi point utama yang harus dimiliki oleh seekor Murai Batu untuk bisa menjadi juara adalah harus memiliki mental fighter yang tangguh. Karena sebagus apapun materi yang dimiliki seekor Murai Batu, tidak akan ada gunanya kalau tidak didukung dengan mental yang kuat.

Karena untuk bisa tampil dilapangan dan mengeluarkan semua potensi yang dimiliki, harus didukung dengan mental yang kuat agar tidak down saat menghadapi lawan-lawannya di atas gantangan yang tentunya adalah burung-burung pilihan dengan kualitas terbaik.

Setelah Mental baru ke Volume suara, Irama lagu, Materi isian dan Stamina, sehingga Murai Batu bisa kerja ngedur dari awal sampai akhir lomba. Beberapa point diatas masih bisa dibentuk/dipoles, seperti Materi isian yang bisa dibentuk dengan cara pemasteran dan juga Stamina yang bisa dilatih dengan cara penjemuran dan pengumbaran.

Tapi untuk soal Mental, Volume suara, dan Irama lagu, itu mutlak adalah bakat alami dari masing-masing individu Murai Batu, kita hanya bisa memoles dan memaksimalkan bakat alami yang sudah ada tersebut dengan perawatan dan threatment yang tepat.

Jadi intinya, untuk memiliki Murai Batu yang bisa berpotensi menjadi juara dalam lomba burung kicau, harus dimulai dari pemilihan bahan Murai Batu yang berkualitas/prospek.

Ciri-ciri Murai Batu (MB) bermental petarung:

• Mata besar dan melotot dengan sorot mata tajam seperti sedang marah, dan ada kesan merinding saat kita menatap mata Murai Batu tersebut.

• Postur tubuh ramping dan panjang dengan sayap yang mengapit rapat dikedua sisi tubuhnya.

• Berdirinya tegak membusungkan dada seolah bersikap menantang.

• Kakinya terlihat kokoh dengan cengkeraman yang kuat.

• Bentuk kepala papak/cepak dengan paruh panjang dan tebal.

• Leher besar dan kokoh.

• Bulu mengkilap kebiruan.

• Ekor lentur dan menyatu.

• Suara cetrekan rapat, keras dan padat.

• Gerakan lincah dan selalu waspada pada setiap pergerakan kita.

• Nafsu makannya besar/rakus.

• Biasanya Murai Batu dengan karakter fighter tinggi, perilakunya cenderung lebih agresif dan lebih sulit untuk dijinakkan.

Itulah beberapa ciri-ciri Murai Batu (MB) bermental petarung, semoga bisa menjadi panduan awal untuk memilih bahan/bakalan Murai Batu yang berkualitas dan dapat membanggakan nantinya. Karena Murai Batu dengan mental yang bagus akan lebih mudah dibentuk daripada Murai Batu yang bermental jelek.

Karena ketika Murai Batu di ikut sertakan dalam lomba burung kicau, maka yang pertama akan di uji dari Murai Batu tersebut adalah kualitas mentalnya. Jika Murai Batu tidak memiliki mental baja, pasti akan langsung down begitu bertemu dengan lawan-lawannya di atas gantangan yang tentunnya adalah burung-burung pilihan dengan kualitas di atas rata-rata Murai Batu kebanyakan.

Jadi, sebagus apapun materinya dan sekuat apapun staminanya, akan sia-sia kalau mental dari Murai Batu tersebut tidak ada.

Baca juga:

Tips perawatan Murai Batu Borneo/Kalimantan agar rajin bunyi

Cara melatih mental fighter Kacer agar tangguh dan siap lomba

Perawatan yang tepat untuk Murai Batu (MB) muda hutan (MH) agar cepat ngeplong dan gacor

Demikian informasi tentang ciri-ciri Murai Batu (MB) bermental petarung. Untuk informasi lain seputar Murai Batu (MB) bisa dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Murai Batu (MB)

1 comment for "Ciri-ciri Murai Batu (MB) bermental petarung"

  1. Joss..emng bnr tipe fighter agak giras...punya ku di rumah monoton ngukluk smpe lapangn baru isian keluar

    ReplyDelete