Advertisement

Perawatan khusus agar Pleci ngalas ngeroll dan buka paruh

Memiliki burung Pleci atau burung Kacamata yang sudah buka paruh dan ngeroll dengan membawakan variasi suara isian yang melimpah, merupakan suatu kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bagi para Pleci Mania (Pleman).

Akan tetapi untuk mendapatkan Pleci yang sudah ngalas ngeroll dan buka paruh tidaklah mudah, kita harus merogoh kocek yang lumayan dalam karena harganya tentu sudah tinggi.

Akan tetapi kita bisa mendapatkan Pleci seperti itu dengan cara memelihara dan merawatnya sendiri dari bahan/bakalan, tentunya kita tidak harus merogoh kocek lebih dalam dan akan menjadi kepuasan tersendiri kalau kita berhasil merawat Pleci tersebut sampai menjadi gacor dan buka paruh dengan banyak variasi isian. Modalnya adalah sabar dan telaten.

Untuk itulah pada artikel OKB kali ini, akan membahas tentang tips bagaimana cara merawat Pleci agar ngeroll dan buka paruh.

Berikut ini adalah tips-tips yang bisa diterapkan pada Pleci agar ngeroll dan buka paruh:

Langkah pertama

Untuk sementara hentikan dulu pemberian pakan berupa voer dan buah-buahan, selama proses penghentian pakan tersebut kita bisa memberikan pakan lain untuk Pleci berupa:

- Jangkrik ukuran kecil sebanyak 3 ekor pada pagi hari dan 3 ekor lagi pada sore hari.

- Berikan Kroto segar dengan porsi satu sendok teh dua hari sekali.

- Berikan juga Ulat kandang dengan porsi kurang lebih setengah cepuk kecil setiap hari.

- Dan berikan susu putih kental manis pada siang harinya.

Langkah kedua

- Embunkan Pleci dengan cara menggantangnya pada tempat yang tinggi mulai jam 05:00 pagi, bisa menggunakan kerekan seperti Perkutut atau digantang pada pohon yang tinggi.

- Setelah jam 07.00 pagi, Pleci kita mandikan dengan memberinya cepuk agar Pleci mandi sendiri atau disemprot dengan menggunakan sprayer.

- Setelah selesai mandi, angin-anginkan dulu sampai bulu-bulunya kering kemudian dijemur sampai sekitar jam 11:00 siang. Air minumnya tetap diberikan agar burung tidak dehidrasi.

Langkah ketiga

- Setelah penjemuran selesai, kemudian Pleci kita berikan air minum yang dicampur dengan Vitamin khusus untuk burung kicau dengan perbandiangan sesuai dengan takaran yang tertera pada kemasannya.

- Kemudian Pleci kita angin-anginkan selama kira-kira 15 menit ditempat yang teduh, lalu dikerodong dan dimaster dengan burung-burung masteran atau dengan menggunakan suara Mp3 player.

Langkah keempat

Adapun yang menjadi kunci dari proses pemasteran kali ini adalah, kalau biasanya kebanyakan para Pleci Mania (Pleman) memaster Pleci kesayangannya pada malam hari dengan volume suara yang kecil, maka tips kali ini pemasteran justru kita lakukan setelah proses penjemuran dan dengan volume yang keras. Proses ini dilakukan minimal 1 jam setiap harinya.

Langkah kelima

- Pada malam hari biarkan Pleci tanpa kerodong dan usahakan digantang ditempat yang tinggi.

- Kalau Pleci yang kita rawat sudah bisa buka paruh dan ngeroll, maka menu pakannya kita ganti dengan pisang kepok, bisa diselingi dengan jeruk dan apel.

- Untuk siang hari tetap kita berikan susu putih kental manis, sedangkan untuk sore sampai malam hari kita berikan madu murni.

- Berikan ulat kandang dengan porsi satu sendok teh setiap hari.

- Voer bisa mulai kita berikan lagi.

Langkah keenam

Karena Pleci adalah jenis burung koloni, jadi usahakan untuk memelihara Pleci 2 atau 3 ekor agar saling saut-sautan untuk memancingnya agar cepat buka paruh.

Baca juga:

Ciri-ciri perbedaan Cucak Jenggot jantan dan betina

Cara merawat Trucukan bahan/bakalan agar cepat ropel dan nggaruda

Tips memilih dan merawat Kenari bahan ombyokan agar cepat bunyi

Demikian informasi tentang perawatan khusus agar Pleci ngalas ngeroll dan buka paruh. Untuk informasi lain seputar burung Pleci/burung Kacamata bisa dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Pleci Dakun