Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Cara melatih mental fighter Kacer agar tangguh dan siap lomba

burung kacer poci
Burung Kcer Poci

OKB - Kacer adalah salah satu dari sekian banyak burung petarung yang memiliki suara kicauan indah dan bervariasi. Dihabitatnya, Kacer adalah burung yang sangat agresif terhadap keberadaan burung Kacer lain disekitarnya apalagi yang memasuki wilayah teritorialnya.

Kacer akan langsung mengusir keberadaan kacer lain yang memasuki wilayahnya dengan kicauan yang bervariasi dan dengan gaya tarungnya yang khas terlebih dulu untuk mengintimidasi musuhnya sebelum bertarung secara fisik.

Naluri petarung seekor Kacer adalah karakter alami yang akan tetap melekat walaupun Kacer tersebut sudah dipelihara didalam kandang. Oleh karena itulah Kacer banyak dilombakan karena burung ini akan langsung beradu suara ketika bertemu dengan burung Kacer lain.

Tapi walaupun karakter dasarnya adalah petarung, pada kenyataannya tidak semua Kacer memiliki mental fighter yang tangguh. Kacer yang bermental lemah pasti akan ketakutan ketika berhadapan dengan Kacer lain yang dianggapnya lebih superior dan biasanya ditandai dengan perilaku mbagong/nguda laut/mbedesi.

Baca juga: Terapi khusus untuk Kacer mbagong

Perilaku mbagong inilah yang paling ditakuti oleh para pemain Kacer lapangan, karena kalau sampai Kacer mbagong pada saat dilombakan sudah bisa dipastikan akan menggugurkan semua penilaian juri atau di diskualifikasi.

Kalau tujuan kita memelihara Kacer adalah untuk lomba, sebaiknya hanya memelihara satu ekor Kacer saja dirumah, kondisikan agar Kacer merasa bahwa dialah penguasa tunggal wilayah tersebut, karena semakin dia merasa berkuasa akan semakin bagus karena akan membentuk mentalnya menjadi tangguh dan tidak ingin tersaingi.

Tempel Kacer dengan burung-burung Kecil yang gacor seperti Kenari, Pleci, Kolibri dan lainnya sebagai masteran, karena selain berfungsi sebagai guru vokal, keberadaan burung-burung kecil tersebut disekitar Kacer akan semakin memperkuat mentalnya karena Kacer akan merasa bahwa dialah yang paling besar, paling dominan dan berkuasa diwilayah tersebut. Nantinya, Kacer akan menjadi sangat bringas dan agresif ketika bertemu dengan Kacer lain karena sehari-harinya Kacer tidak pernah melihat dan mendengar suara Kacer lain.

Kenapa sebaiknya Kacer dipelihara sendirian..??

Karena kalau ada dua Kacer atau lebih dalam satu rumah, maka setiap hari Kacer-Kacer tersebut akan saling saut-sautan beradu suara, yang tentunya akan sangat menguras stamina Kacer setiap harinya, hal itu mengakibatkan Kacer tidak punya waktu istirahat yang cukup untuk menyimpan tenaga menjelang lomba.

Efek negatif lainnya, Kacer menjadi bosan untuk fight karena setiap hari sudah terbiasa ditrek dirumah. Akibatnya Kacer menjadi kurang agresif dan kurang ngotot saat dilombakan, dan yang lebih fatal lagi salah satu dari Kacer-Kacer tersebut bisa down mentalnya karena tidak kuat menghadapi intimidasi dari Kacer lainnya dan bahkan bisa berakibat macet bunyi pada Kacer yang kalah mental tersebut.

Untuk melatih mental Kacer agar menjadi tangguh dan siap dilombakan, sebaiknya biasakan Kacer ditrek untuk melatih mentalnya sebagai latihan sebelum naik gantangan.

Kacer cukup ditrek seminggu sekali saja dengan beberapa Kacer lainnya untuk mengasah mental tarungnya sambil mencari settingan yang tepat setiap minggunya. Cari lawan yang sepadan atau yang kualitasnya dibawah Kacer kita agar Kacer tidak down mental dan semakin merasa paling dominan karena selalu menang.

Kalau kita anggap Kacer tersebut sudah bisa tampil maksimal saat ditrek dengan beberapa ekor Kacer lainnya, berarti sudah waktunya Kacer tersebut mulai diajak jalan-jalan ke arena lomba burung untuk mengenalkan Kacer tersebut pada suasana dan lingkungan lomba burung kicau, agar nantinya Kacer tersebut tidak demam panggung saat kita ikutkan lomba.

Tidak perlu buru-buru untuk mengikut sertakan Kacer dalam lomba, cukup digantang dipinggir lapangan saja agar Kacer terbiasa dulu dengan hiruk-pikuk suasana lomba burung kicau.

Setelah beberapa kali kita bawa Kacer jalan-jalan ke arena lomba dan Kacer sudah mulai terbiasa dengan suasana lomba, yang ditandai Kacer tersebut sudah berani koar-koar sambil ngeplay saat mendengar suara burung lain yang sedang dilombakan, berarti sudah saatnya untuk mencoba menggantangnya.

Sebagai pengenalan lapangan, sebaiknga Kacer kita ikutkan LATBER dulu untuk menjajaki performanya. Pantau seperti apa kerja Kacer tersebut pada penampilan perdananya. Evaluasi kekurangannya untuk mendapatkan settingan yang tepat agar Kacer bisa tampil lebih maksimal pada penampilan berikutnya.

Baca juga:

Cara memprediksi kualitas dan karakter Kacer dari ciri-ciri fisik/katuranggannya

Apa yang dimaksud Kacer tipe panas dan Kacer tipe dingin..??

Demikian informasi tentang cara melatih mental fighter Kacer agar tangguh dan siap lomba yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara melatih mental fighter Kacer agar tangguh dan siap lomba"