Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Cara merawat ikan mas koki agar tidak mudah mati

Ikan mas koki merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak dipelihara karena memiliki penampilan yang lucu dengan warna yang indah.

Tapi sayangnya ikan ini termasuk rawan mati jika perawatannya tidak tepat. Ikan koki sangat membutuhkan gelembung udara/oksigen, oleh karena iti akuarium harus dilengkapi air pump (penghasil gelembung udara).

Jika akuarium menggunakan berbagai hiasan atau dasar pasir dan batu-batuan, cucilah terlebih hulu sampai benar-benar bersih agar tidak membuat air menjdi keruh ketika ada pergerakan ikan. Untuk memperindah penampilan akuarium dan ikan-ikan yang ada didalamnya, akuarium juga perlu diberikan lampu sebagai penerangan.

Ikan mas koki cukup diberi pakan 1x sehari dengan porsi yang tidak terlalu banyak (disesuaikan dengan jumlah ikan yang dipelihara) agar ikan lebih agresif.

Agar ikan mas koki selalu dalam kondisi sehat dan aktif, air akuarium harus selalu dalam kondisi bersih, caranya dengan teknik biofiltrasi dengan menggunakan alat yang bisa dibeli ditoko-toko ikan hias.

Fungsi dari alat ini dapat melakukan penyaringan kotoran ikan dan menahannya. Hal ini dapat merangsang perkembangan dari bakteri nitrobacter didalamnya.

Aerasi yang digunakan harus cukup banyak serta waktu biofilter tersebut sudah berjalan, maka environment akuarium/kolam ikan tersebut telah menjadi stabil.

Metode ini sangat bermanfaat karena air dalam akuarium selalu dalam kondisi bersih dan tidak perlu sering diganti. Kelemahannya yaitu jika air terlalu lama tidak diganti akan mengakibatkan zat/mineral yang dibutuhkan ikan menjadi berkurang, karena zat tersebut ada di dalam air yang masih baru sehingga bisa mengakibatkan warna ikan menjadi kurang cerah. Tehnik ini akan lebih efektif jika disertai dengan penggantian air secara teratur.

Air akuarium dapat dikuras satu bulan sekali (tergantung berapa lama air dapat bertahan). Sebelum air akuarium dikuras, ambil dulu satu gayung air yang ada di akuarium lalu ambil ikan mas koki menggunakan jaring (jangan memakai tangan).

Letakkan ikan mas koki di air akuarium lama yang sudah diambil dalam gayung, kemudian bersihkan akuarium dengan sikat atau spon pembersih.

Jika sudah bersih, isi kembali akuarium dengan air yang baru, kemudian masukkan kembali ikan mas koki kedalam akuarium bersama dengan air lama yang ada di gayung tadi. Hal ini untuk mencegah ikan mas koki stress dan agar ikan cepat beradaptasi lagi. Ulangi langkah-langkah diatas secara berkala dan rutin.

Baca juga:

Tips perawatan ikan louhan yang benar

Ciri-ciri ikan cupang hias dan ikan cupang aduan

Tips perawatan ikan Arwana didalam aquarium

Demikian sedikit informasi tentang "Cara merawat ikan mas koki agar tidak mudah mati". Untuk informasi lain seputar ikan hias, dapat dibaca pada artikel OKB lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Ikan Mas Koki

Post a Comment for "Cara merawat ikan mas koki agar tidak mudah mati"