Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Cara memilih Merpati balap tinggian/kolongan yang bagus

Semakin maraknya lomba Merpati balap kolongan belakangan ini membuat banyak orang mencari Merpati balap yang prospek dengan harapan bisa memenangkan lomba.

Tapi masalahnya harga Merpati yang sudah pernah prestasi pasti sangat mahal dan tidak semua orang mampu membelinya. Bahkan untuk anakan Merpati trah juara yang masih piyik saja harganya cukup fantastis.

Oleh karena itu sebelum membeli Merpati balap kolongan sebaiknya ketahui dulu ciri-ciri fisik atau katuranggan Merpati balap kolongan yang bagus agar nantinya tidak mengecewakan.

Berikut ini beberapa ciri fisik atau katuranggan Merpati balap kolongan yang prospek:

• Bentuk kepalanya panjul atau mengerucut, bisa juga yang njambe dan tidak terlau besar. Berbeda dengan Merpati balap sprint yang dicari justru yang kepalanya besar.

• Pilihlah Merpati yang lehernya panjang melengkung kedepan atau cari yang lehernya berukuran sedang tapi sepadan dengan anggota tubuh lainya (proporsional), kokoh, dan kalau dipegang melongok/memanjang.

• Pilihlah Merpati yang matanya berwarna kuning, kuning kemerahan, merah menyala atau mata jawa dan liplap maupun mata pilo, asal teleng hitam pada mata/pupil kecil bening dan bulat pada saat mbekur, pupilnya akan semakin mengecil juga pada saat terkena cahaya matahari.

Jika teleng hitam yang pudar, cari yang warna hitamnya jelas. Tipe seperti ini biasanya selain bagus untuk Player, juga bagus untuk dijadikan pacekan atau materi ternak. Pelupuk mata atau alisnya tipis dan tidak kasar dengan warna segar tidak merah tebal.

• Pilihkah Merpati yang paruhnya ramping kecil/tipis seperti burung Derkuku atau Perkutut.

• Pilihlah Merpati yang pipi/mukanya tipis, tidak tembem dan bulu lenggotnya tipis.

• Pilihlah Merpati yang hidungnya kecil/pesek, kering tipis dan memiliki lubang hidung yang kecil dan agak rapat.

• Pilihlah Merpati balap kolongan yang postur tubuhnya panjang oval seperti bentuk telur, dan saat dipegang terasa empuk serta tipis, dan jika dilihat dari pundak sampai ke pangkal ekornya seperti membentuk segitiga.

• Pilihlah Merpati balap kolongan yang punggungnya tegap dengan dada mbilah/membelah berisi gupalan otot, dan pada ujung dada bagian belakang melengkung ke dalam bagian perut.

• Pilihlah Merpati balap kolongan yang memiliki sayap rapi dan penjawat panjang seperti bilah pedang serta sejajar dengan ujung ekornya. Bagian tulang sayapnya tebal seimbang kanan dan kiri.

• Pilihlah Merpati balap kolongan yang otot sayapnya terasa besar dan elastis ketika diraba. Hal itu menandakan jika Merpati tersebut memiliki power yang kuat dalam mengepakkan sayapnya.

• Pilih Merpati balap kolongan yang ekornya pendek, dan jika di sejajarkan bulu ekornya menyatu seperti sendok.

Jika Merpati yang memiliki ekor panjang, carilah yang sejajar juga dengan sayap dan saat digenggam ujung ekor temungkul/rapat. Cari yang ujung ekornya menunjuk ke bawah, atau sedikit menyeret/menyentuh tanah.

• Pilih Merpati yang memiliki kaki kering dengan jari-jari panjang, lentik, dan kokoh serta memiliki kuku seperti cakar Elang.

• Pilih Merpati balap kolongan yang memiliki tulang supit udang atau tulang dibawah dubur dengan bentuk yang panjang melengkung serta tebal dan menonjol. Jarak antara ujung tulang supit tidak melebihi ruas jari telunjuk dan jika digenggam ujung tulang supitnya akan terasa menempel di telapak tangan.

• Pilih Merpati yang bulunya lembut, halus dan tebal atau nyutra. Bulu-bulunya terlihat kering mengkilap seperti berminyak dan jika digenggam terasa licin.

• Pilih Merpati balap kolongan yang ketika berjalan tampak seperti mentok atau bebek dan sedikit jinjit dengan telapak kaki belakangnya tidak menempel ke tanah.

• Pilih Merpati balap kolongan yang kepakan sayapnya ketika diumbar berbunyi seperti kepakan ayam jago yang akan berkokok, walaupun suaranya tidak sekeras kepakan ayam jago. Hal itu menandakan kepakan sayap Merpati tersebut bertenaga.

Baca juga:

Tips dasar pemilihan Merpati balap yang bagus untuk pemula

Jamu dan suplemen untuk menambah stamina Merpati balap

Resep rahasia para botoh Ayam Bangkok

Demikian informasi tentang "Cara memilih Merpati balap tinggian/kolongan yang bagus". Untuk informasi lain seputar burung Merpati, dapat dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Merpati/Doro kolong

Post a Comment for "Cara memilih Merpati balap tinggian/kolongan yang bagus"