Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Manfaat daun krokot untuk Kenari

Krokot adalah tanaman yang sering dianggap sebagai tanaman hama karena berpotensi mengganggu perkembangan tanaman pertanian. Namun selain anggapan buruk tersebut, ternyata ada manfaat besar dari tanaman ini. 

Selama ini, krokot dikenal sebagai tanaman obat yang banyak dikonsumsi Manusia untuk menjaga kesehatan maupun untuk pengobatan. Krokot juga sering dimanfaatkan sebagai sayur atau lalapan.

Kandungan gizi dalam daun krokot antara lain:
- omega 3
- sodium
- alumunium
- kalsium
- zat besi
- fosfor
- vitamin A
- vitamin B
- vitamin C
- magnesium
- mangan, dan masih banyak lagi kandungan zat aktif lainnya.

Tapi selain bermanfaat untuk Manusia, ternyata tanaman ini juga memiliki banyak manfaat untuk burung kicauan terutama untuk Kenari yang bisa diberikan sebagai pakan tambahan atau Ekstra fooding (EF) agar Kenari lebih rajin bunyi dan memiliki nafas yang panjang saat berkicau serta masih banyak manfaat lainnya untuk kesehatan burung Kenari.

Cara pemberian daun krokot pada Kenari cukup dicantolkan didalam kandangnya dengan posisi yang mudah dijangkau oleh Kenari, tapi sebelum diberikan sebaiknya daun krokot dibersihkan terlebih dulu dengan air bersih.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengeringkan tanaman ini dengan menjemurnya dibawah terik matahari sampai benar-benar kering lalu menggilingnya sampai menjadi tepung dengan menggunakan blender. Pemberian tepung daun krokot ini bisa dengan mencampurkannya pada pakan biji-bijian atau pakan lainnya seperti egg food.

Daun krokot sebaiknya diberikan setiap 2-3 kali seminggu dengan tetap diselingi pemberian Ekstra fooding (EF) lain terutama sayur-sayuran serta buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Kenari.

Baca juga:

Manfaat daun Ginseng Jawa untuk Kenari

Manfaat daun mengkudu/pace untuk menjernihkan suara Kenari

Cara pemasteran untuk Kenari agar memiliki suara isian

Demikian informasi tentang "Manfaat daun krokot untuk Kenari". Untuk informasi lain seputar Kenari, dapat dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Manfaat krokot untuk Kenari

Post a Comment for "Manfaat daun krokot untuk Kenari"