Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Metode pemasteran yang efektif untuk burung kicau

Pemasteran adalah suatu cara untuk mengajarkan seekor burung agar dapat menirukan suara burung lain atau suara-suara lainnya yang menjadi masternya.

Tujuan dari pemasteran adalah agar burung yang dimaster tersebut memiliki banyak variasai isian/materi lagu sehingga suara kicauannya menjadi tidak monoton.

Pemasteran memang tidak wajib dilakukan, apalagi untuk burung-burung yang hanya dipelihara untuk rumahan saja. Tetapi untuk burung-burung yang dipelihara untuk tujuan lomba, maka pemasteran menjadi point yang cukup penting untuk dilakukan untuk memperkaya materi lagunya.

Jika materi lagunya lebih variatif tentu akan menjadi nilai tambah bagi burung tersebut ketika dilombakan, karena materi lagu juga termasuk dalam salah satu kriteria penilaian juri dalam lomba burung kicau.

Burung lapangan yang memiliki materi lagu lebih variatif dengan suara-suara tonjolan yang mewah serta dibawakan dengan irama lagu yang harmonis tentunya akan terlihat lebih istimewa dan lebih menonjol dibanding burung-burung lainnya, sehingga kemungkinan burung tersebut untuk menjadi juara akan lebih besar.

Pemasteran untuk burung kicauan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:

1. Menggunakan burung asli

Cara ini sangat efektif karena suara yang didengar oleh burung yang dimaster adalah suara alami dengan intonasi yang jelas. Suaranya juga bisa didengar sepanjang hari dengan jeda yang alami sehingga akan lebih mudah direkam oleh burung yang dimaster.

Kelemahan dari cara ini adalah membutuhkan biaya lebih banyak karena harus membeli burung-burung masteran yang sudah gacor yang harganya cukup mahal.

Disamping itu, kita juga harus meluangkan lebih banyak waktu untuk merawat burung-burung masteran tersebut, dan perawatan sehari-harinya juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit jika kita memelihara beberapa ekor burung masteran sekaligus.

2. Menggunakan Mp3 player

Cara ini sebetulnya kurang efektif karena berpotensi membuat burung yang dimaster menjadi stres dan jenuh karena suara dari Mp3 player yang terus berulang-ulang tanpa jeda yang alami.

Kualitas suara yang dihasilkan dari Mp3 player juga belum tentu bagus, intonasi serta frekuensinya juga tidak akan sebagus suara burung asli.

Kelebihan dari pemasteran menggunakan suara Mp3 adalah lebih praktis dan tidak memerlukan biaya yang mahal jika dibandingkan dengan menggunakan burung asli.

Jenis suara dari Mp3 player juga bisa lebih banyak dan lebih bervariasi tergantung keinginan kita tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi. Selain itu, kita juga tidak perlu repot memikirkan perawatan sehari-harinya.

Baca juga:

Cara mengetahui kualitas dan karakter seekor Kacer dari ciri-ciri fisiknya (Katuranggan)

Perawatan untuk Kacer lapangan dan Kacer rumahan

Beberapa manfaat terapi umbaran untuk burung kicauan

Demikian informasi tentang "Metode pemasteran yang efektif untuk burung kicau". Untuk informasi lain seputar burung kicau, dapat dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Proses pemasteran burung

Post a Comment for "Metode pemasteran yang efektif untuk burung kicau"