Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Perawatan terbaik untuk Lovebird (LB) pada saat mabung/ngurak

Mabung/ngurak adalah siklus alamiah yang akan dialami oleh semua jenis burung termasuk Lovebird (LB). Mabung/ngurak adalah proses dimana bulu-bulu lama yang sudah tua/rusak akan rontok dan kemudian akan digantikan dengan tumbuhnya bulu-bulu yang baru.

Pada saat mabung/ngurak, burung menjadi tidak bergairah untuk melakukan aktifitas seperti biasanya termasuk berkicau. Burung terlihat lesu dan lebih banyak diam.

Tapi terkadang ada juga para pemilik Lovebird (LB) yang tetap mamaksakan burungnya untuk terus berkicau/dilombakan walaupun burung tersebut dalam kondisi mabung/ngurak. Padahal pada saat mabung/ngurak, Lovebird (LB) akan menghabiskan banyak sekali energi untuk proses rontok bulu dan proses pertumbuhan bulu-bulu baru.

Memang ada juga beberapa karakter Lovebird (LB) yang performanya justru lebih bagus di arena lomba ketika dalam kondisi mabung/ngurak, tapi itu hanya berlaku untuk burung-burung tertentu saja, tidak bisa disama ratakan untuk semua Lovebird (LB) pada umumnya.

Karena normalnya, Lovebird (LB) yang sedang mabung/ngurak membutuhkan istirahat yang cukup untuk menyelesaikan masa mabungnya, karena pada saat mabung metabolisme tubuh Lovebird (LB) akan meningkat, sehingga Lovebird (LB) sangat membutuhkan asupan nutrisi dan vitamin yang cukup tinggi untuk menyelesaikan proses mabungnya.

Pola perawatan harian untuk Lovebird (LB) pada saat mabung/ngurak:

• Untuk Lovebird (LB) yang sedang mabung/ngurak sebaiknya lebih banyak dikerodong (full kerodong) karena pada saat mabung/ngurak bulu-bulunya yang sebagian sudah ambrol tidak akan cukup untuk melindungi tubuhnya dari cuaca dingin, usahakan untuk memakai kerodong yang berbahan tebal.

• Tempatkan Lovebird (LB) yang sedang mabung/ngurak tersebut ditempat yang tenang dan jauhkan dari segala gangguan agar Lovebird (LB) bisa istirahat total dan fokus untuk menyelesaikan masa mabungnya.

• Lovebird (LB) yang sedang mabung/ngurak tidak perlu dijemur terlalu lama, karena pada saat mabung/ngurak Lovebird (LB) tidak terlalu membutuhkan sinar Matahari, tapi justru membutuhkan tingkat kelembaban yang tinggi untuk mempercepat proses pertumbuhan bulu-bulu barunya. Lovebird (LB) cukup dijemur 15 menit saja pada jam 07.00 pagi setelah diberikan pakan dan minum serta dibersihkan kandangnya.

• Mandikan Lovebird seminggu sekali saja selama masa rontok bulu, dan mulai mandikan Lovebird 2-3 hari sekali pada saat bulu-bulu baru mulai tumbuh dan mulai mandikan setiap hari setelah semua bulunya tumbuh sempurna.

• Setelah semua bulunya tumbuh sempurna, jangan langsung dijemur lama dulu. Durasi penjemuran ditingkatkan secara bertahap sedikit demi sedikit sampai bulu-bulunya benar-benar sudah kuat, kira-kira dua bulan setelah selesai mabung/ngurak.

Menu pakan dan Ekstra fooding (EF) untuk Lovebird (LB) pada saat mabung/ngurak:

• Telur rebus

Telur memiliki kandungan protein tang tinggi serta biotin yang sangat diperlukan oleh Lovebird (LB) pada saat mabung/ngurak.

Ambil kuning telor ayam/puyuh kemudian dipotong kecil-kecil lalu taruh dalam cepuk khusus, atau bisa juga dikeringkan terlebih dulu dengan cara dijemur atau di oven.

• Tulang sotong

Sediakan tulang sotong setiap hari sebagai sumber kalsium untuk Lovebird (LB) agar bulu-bulunya tumbuh kuat. Selain itu, tulang sotong juga berguna sebagai remisan untuk membuat Lovebird (LB) sibuk sehingga menghindarkannya untuk mencabuti bulu-bulunya.

• Biji kwaci

Campurkan biji kwaci dicepuk pakannya, dan untuk porsinya bisa dilebihkan. Kandungan vitamin E dalam biji kwaci bisa membuat bulu-bulu Lovebird (LB) tumbuh lebih sehat dan lebih mengkilap.

• Berikan jagung manis dan sayur-sayuran segar secara bergantian agar Lovebird (LB) tidak bosan dan tercukupi nutrisinya.

• Buah-buahan juga harus diberikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin Lovebird (LB) pada masa mabung/ngurak.

• Pakan utama Lovebird (LB) berupa milet putih tetap diberikan setiap hari, akan lebih baik kalau milet terlebih dulu dicampurkan minyak ikan agar bulu-bulu Lovebird (LB) tumbuh lebih kuat dan lebih mengkilap.

Baca juga:

Perawatan yang tepat untuk Kenari mabung/ngurak

Perawatan harian Lovebird (LB) muda/paud agar rajin ngekek

Tips perawatan burung bagi karyawan yang tidak punya banyak waktu luang

Demikian informasi tentang perawatan terbaik untuk Lovebird (LB) pada saat mabung/ngurak. Untuk informasi lain seputar Lovebird (LB), dapat dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Lovebird (LB) mabung/ngurak

Post a Comment for "Perawatan terbaik untuk Lovebird (LB) pada saat mabung/ngurak"