Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Cara pemasteran untuk Kacer lapangan dan Kacer rumahan yang efektif

burung kacer poci
Burung Kacer Poci

OKB - Pemasteran adalah suatu cara untuk mengajarkan burung agar bisa merekam atau menirukan suara dari burung lain yang dijadikan masterannya agar materi isiannya semakin bervariasi.

Sukses atau tidaknya proses pemasteran tergantung dari tingkat kecerdasan burung yang kita master, ada yang bisa dengan cepat menirukan suara masterannya, dan ada juga yang membutuhkan waktu lama untuk bisa merekam suara masterannya, bahkan ada juga yang sama sekali tidak bisa menyerap materi yang diajarkan.

Kegagalan dalam pemasteran Kacer bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

• Tingkat kecerdasan Kacer yang memang rendah.

• Banyaknya gangguan disekitar lingkungan Kacer yang kita master, seperti suara gaduh atau banyaknya aktifitas yang sering membuat Kacer kaget sehingga membuat Kacer yang sedang dalam proses pemasteran tersebut tidak bisa berkonsentrasi dalam mempelajari materi dari burung-burung masterannya.

• Karakter suara yang diajarkan tidak cocok dengan karakter suara dari Kacer yang dimaster, misalnya Kacer yang dimaster memiliki karakter suara nembak tetapi dimaster dengan tipe suara ngeroll, maka Kacer yang dimaster tersebut akan kesulitan untuk merekam suara masteran tersebut.

• Faktor umur, biasanya burung yang usianya sudah tua, daya ingatnya sudah lemah dan kemampuannya untuk merekam suara dari burung-burung masteran tidak sebaik burung yang masih muda.

Pemasteran cukup penting untuk dilakukan agar Kacer memiliki lebih banyak variasi kicauan. Karena tentu akan membosankan kalau kita memilki seekor Kacer yang bunyinya cuma itu-itu saja (monoton), apalagi untuk Kacer lapangan, pastinya akan kalah bersaing dengan Kacer-Kacer lain yang memiliki lebih banyak materi lagu.

Ada dua macam pemasteran yang bisa kita lakukan untuk Kacer sesuai dengan tujuan Kacer tersebut dipelihara, apakah untuk tujuan lomba atau hanya untuk sekedar klangenan dirumah saja.

Jika tujuan kita memelihara Kacer adalah untuk dilombakan, maka pemasteran untuk Kacer tersebut sebaiknya mengikuti trend suara isian yang masuk dalam penilaian lomba saat ini, misalnya: suara-suara yang dominan kasar dan nembak.
Contohnya: suara Lovebird, Cucak jenggot, Kapas tembak, Tengkek buto, Kenari, Cililin dan lainnya.

Pemasteran pada Kacer akan lebih efektif jika kita menggunakan suara dari burung asli, karena suara dari burung asli akan lebih mudah direkam daripada pemasteran yang menggunakan suara dari Mp3 player.

Sedangkan kalau tujuan kita memelihara Kacer hanya untuk klangenan dirumah saja, sebaiknya jangan dimaster dengan suara-suara tembakan dan besetan kasar karena tidak enak untuk dinikmati dirumah.

Kacer rumahan lebih cocok dimaster dengan suara-suara asli burung hutan yang mengalun merdu dengan irama lagu yang harmonis sehingga enak didengarkan sebagai teman santai dirumah.

Waktu pemasteran yang paling efektif adalah pada saat Kacer sedang dalam masa mabung/ngurak, karena Kacer cenderung lebih banyak diam dan lebih fokus mendengarkan, sehingga suara-suara yang dimasterkan akan lebih cepat direkam atau ditirukan.

Baca juga: Cara merawat Kacer mabung/ngurak yang tepat

Tapi bukan berarti pada saat Kacer dalam kondisi normal (tidak sedang mabung/ngurak) tidak bisa dimaster, akan lebih baik kalau setiap hari Kacer terus ditempel dengan burung-burung masterannya sampai Kacer tersebut benar-benar fasih menirukan materi dari burung-burung masterannya.

Untuk memaster Kacer, tidak perlu mengikuti aturan-aturan tertentu yang harus begini atau harus begitu, cukup tempel saja setiap hari dengan burung-burung masteran yang gacor dengan jarak yang tidak terlalu dekat, cukup agar suaranya masih bisa terdengar dengan intonasi yang jelas oleh Kacer yang dimaster.

Baca juga:

Cara melatih mental fighter Kacer agar tangguh dan siap lomba

Apa yang dimaksud Kacer tipe panas dan Kacer tipe dingin..??

Demikian informasi tentang tentang cara pemasteran untuk Kacer lapangan dan Kacer rumahan yang efektif. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel OKB yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara pemasteran untuk Kacer lapangan dan Kacer rumahan yang efektif"